Doa masuk pasar

Dedicate this entry to my cousin, Nurul Amirah Zainuddin.

Dari hadith nabi kita ketahui bahwa pasar adalah salah satu tempat berkumpulnya para jin, dan juga tempat di mana perlakuan2 tidak baik boleh terjadi (penipuan, pemborosan, dll).

Doa Ketika Masuk Pasar 855. Kami riwayatkan di dalam kitab at-Tirmidzi dan selainnya dari Umar bin Khaththab bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ دَخَلَ السُّوْقَ فَقَالَ : لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَ هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ , كَتَبَ اللهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ , وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ , وَ رَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

“Siapa yang masuk pasar kemudian mengucapkan: (Lâ ilâha illallâh wahdahu lâ syarîka lahu lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyî wa yumîtu wahuwa hayyun lâ yamût bi yadihil-khairu wahuwa ‘alâ kulli syaiin qadîr) ‘Tiada tuhan yang patut disembah selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya seluruh kerajaan dan bagi-Nya segala pujian, Dia Maha Menghidupkan lagi Maha Mematikan, Dia Maha hidup dan tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya segala kebaikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu’, maka akan ditetapkan baginya satu juta pahala, akan dihapuskan darinya satu juta dosa, dan akan diangkat derajatnya satu juta tingkat.” Diriwayatkan oleh al-Hakim Abu Abdillah dalam kitab al-Mustadrak ‘alash-Shahihain dari banyak jalur. Di sebagian jalurnya ada tambahan:

وَ بَنى لَهُ بَيْتاً فِي الْجَنَّةِ

Dan didirikan baginya rumah di surga.” Ada tambahan lain: Perawi mengatakan, “Aku datang ke Khurasan dan aku bertamu ke tempat Qutaibah bin Muslim. Aku katakan, ‘Aku datang kepadamu membawa hadiah,’ aku pun meriwayatkan hadits ini kepadanya. Qutaibah bin Muslim bersama rombongan pergi. Hingga sampai di pasar dia membaca doa ini kemudian pergi.” Diriwayatkan juga oleh al-Hakim dari riwayat Ibnu Umar dari Nabi r. Al-Hakim mengatakan, “Hadith2 pada bahasan ini diriwayatkan dari Jabir, Abu Hurairah, Buraidah al-Aslami, dan Anas. Yang paling dekat dengan syarat periwayatan hadith dalam kitab ini adalah riwayat Buraidah dengan lafaz yang lain.” 586.

Dia meriwayatkan dengan sanadnya dari Buraidah, dia berkata: Rasulullah apabila masuk pasar akan mengucapkan:

بِاسْمِ اللهِ , اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوْقِ وَ خَيْرَ مَا فِيْهَا , وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَ شَرِّ مَا فِيْهَا , اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُصِيْبَ فِيْهَا يَمِيْناً فَاجِرَةً أَوْ صَفْقَةً خاَسِرَةً

(Bismillâhi, Allâhumma innî asaluka khaira hâdzihis-sûqi wa khaira mâ fîhâ, wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ, Allâhumma innî a’ûdzu bika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsirah)

“Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan apa yanga terdapat di dalamnya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pasar ini dan kejahatan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari aku mendapat sumpah palsu dan hasil yang merugi.”

Comments

Popular posts from this blog

Hadiah yg tak ku sangka2x.

zina HATI

Jangan Leka Jaga Iman